Rabu, 30 November 2016

MACAM - MACAM SOFTWARE RECOVERY DATA







Data Recovery merupakan proses mengembalian data dari kondisi yang rusak, gagal, korup, atau tidak bisa diakses ke kondisi awal yang normal. Data yang dikembalikan bisa dari hard disk, flash disk dan media simpan lainnya seperti kamera digital, dan camcorder.
            Kegiatan Recovery atau pengembalian data ini bisa karena kerusakan fisik dari piranti penyimpanan atau kerusakan logis/software yang memungkinkan sistem file tempat tersimpannya data tersebut tidak bisa dikenal karena tidak ter-mount dengan baik oleh sistem operasi. Kasus yang juga umum menyebabkan kehilangan data adalah kesalahan penghapusan file se cara tidak sengaja dari hard disk dan dari recycle bin. Adapun penyebabnya, tujuan dari data recovery adalah mengembalikan file yang sudah "hilang" tersebut kemudian memindahkannya ke tempat yang aman dengan cara menyalin/meng-copy.
Berikut macam – macam Recovery Data yaitu :
1.      Pandora Recovery
Pandora Recovery merupakan salah satu free software terbaik yang ada. Pandora Recovery sangat mudah digunakan. Pada saat menjalankan Pandora Recovery, kita tidak akan dibantu dengan wizard mereka. Pandora Recovery bisa mengembalikan file terhapus dari hard drive, flask disk, dan memory card. Kebanyakan file yang bisa terselamatkan dari pandora Recoveryu adalah file gambar dan dokumen.
2.      Recuva
Recuva memiliki tampilan yang bagus dan sangat mudah digunakan untuk awam sekalipun. Sama seperti pandora, recuva bisa mengembalikan data yang terhapus dari hard drive, flash disk, dan memory card. Yang menarik dari recuva, mereka mempunyai advanced option yang cukup banyak.
Recuva mendukung sistem operasi Windows 8, 7, Vista, XP, Server 2008/2003, dan windows yang cukup jadul seperti 2000, NT, ME dan 98. Recuva juga memiliki veri 64 bit.
3.      Glary Undelete
Glary Undelete masih satu saudara dengan Glary Utilities. Glary Undelete tidak kalah dari Recuva dan Pandora Recovery, apalagi mereka memiliki UI yang sangat bagus. Dengan Glary kita bisa melihat folder dengan mudah. Gayanya hampir sama dengan windows explorer. Ketika kita berhasil me-recovery file, glary undelete akan memberi notifikasi. Kekurangan dari glary undelete, mereka mewajibkan kita untuk menginstall tolbar mereka sebelum kita menginstal glary undelete. Glary undelete mendukung Windows 8, 7, Vista, XP, Server 2008/2003, dan windows yang cukup jadul seperti 2000, dan NT.
4.      Free Undelete
Free Undelete tidak jauh berbeda dengan file recovery yang lain. Yang membedakan, mereka mempunyai tampilan yang cukup unik, seperti folder yang bisa didrill.
5.      Restoration
Restoration merupakan salah satu data recovery paling mudah digunakan. Mereka memiliki UI yang sangat simpel dan mudah dipakai untuk awam sekalipun. Yang menarik, restoration bisa diinstal pada flash disk atau hard drive eksternal.
6.      Undelete My File
Undelete My File Pro 3.1 adalah alat profesional untuk memulihkan file tidak sengaja dihapus dari hard disk, USB flash drive, kartu CF dan SD dan media penyimpanan lainnya. 
Ada 6 Fitur undelete My File yaitu : File Rescue Wizard (cara cepat dan mudah untuk menemukan dan memulihkan file yang telah dihapus), Media Recover (Recover file media dalam beberapa langkah mudah), Delete File Search (Filter khusus yang memungkinkan untuk mencari informasi spesifik yang terhapus), File Wiper (untuk menghapus secara permanen tanpa pemulihan), Mail Rescue (Mail Recovery Wizard), Free (Benar -  benar gratis).
7.      Undelete 360

Oleh                  :
Ifa Miftahul Fadhilah
Dosen Pengampu :
Eka Ratri Noor W., S.Si., M.Si., M.Sc

Pitoyo Widhi Atmoko, M.Si.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar